Tidak Tahu itu Tidak Apa-apa Koq..

24.5.08



"Eh,,cara masukin lagu di friendster gimana si ??"
"Lo ga' tau ??"
"Ngga."

(perhatian.. percakapan diatas terjadi beberapa tahun yang lalu)

Percakapan diatas, yang ngomong duluan alias yang bertanya itu gw. Dan baris keduanya temen gw yang jawab. Oke,, kalian boleh mikir klo gw itu gaptek, atau bego, atau sebagainya.. Atau lw boleh berkata ; "Masa lo ga' tau sih ??!" sambil dengan tatapan tak percaya atau alis yang agak naik2. Gw ga' marah koq, sama temen gw itu juga ngga.

Pernah merasa seperti itu ?? Seperti temen gw itu atau seperti gw ? yang ketika bertanya malah diketawain atau dianggap apa gitu sama temen lw ?

Baru kemarin gw mampir secara tidak sengaja ke blog afatih. Iseng2 ngetik di google buat tau gimana caranya naruh lagu di blog. Dan google menyambungkan gw ke blog dia. Jawaban yang gw dapat cukup lumayan, walau tetep aja masih ga' ada lagu di blog gw. Dan ternyata di blog tersebut, dia memaparkan banyak banget hal yang gw ga' ketahui tentang blog. Dari sekedar gimana cara promosi blog, ngilangin underline pada link, sampai pemilihan template. Bagi orang yang udah ahli si itu mungkin kecil. Tapi bagi gw ?? itu suatu pengetahuan yang baru. Dan gw tidak sendirian. TIDAK SENDIRIAN yang ga' tahu apa2 tentang itu.


Sayangnya, banyak orang yang tidak menghargai ketidaktahuan itu. Contohnya ya kaya gitu. Menganggap bahwa apa yang ada di otaknya itu harus diketahui juga sama orang2. Padahal, setiap orang pasti kan punya saat ketidaktahuan akan sesuatu. Bayi yang baru lahir aja belum tahu klo jari tangannya ada 10. Jadi wajar donk kalo orang bertanya untuk sesuatu yang belum diketahui.


Contoh lain lagi ni,, temen gw belum pernah ke Masjid Istiqlal, trus temen gw yang lain berkata ; "Lo belum pernah kesana ??" dengan nada bicara yang hampir sama dengan contoh di atas. Gw, sebagai orang yang 'baru-baru ini' kesana membela dengan bilang ;
gw : "Gw juga baru2 ini koq kesana."
dia : "Lo juga ?"
gw : "Iya, bahkan saking noraknya gw mpe berfoto di depan masjid Istiqlal. Kenapa ? Salah ?"
dia : "Astagfirullahal'azim..."

Tuh,,Allah sendiri ga' pernah kan nyuruh umatnya untuk sholat di satu masjid tertentu ?? dan gw ga' kesel ataupun marah dengan ucapan temen gw itu. Cuma semakin membuat gw berpikir bahwa makin banyak orang yang berpikiran bahwa ketidaktahuan atau ketidakpernahan kita mengunjungi sesuatu adalah hal yang aneh dan salah. Padahal tidak semestinya kan ??


Tetapi gw punya kata-kata yang bagus buat gw ucapkan sama mereka. Dan itu terbukti ampuh buat gw.

"Setiap orang punya saat untuk mengalami ketidaktahuan akan sesuatu, dan saat itu bagi gw adalah sekarang."

Hehehe..biasanya sih temen2 gw langsung pada diem. Buat yang pernah 'digituin' kaya' gw, kata2 itu boleh dipake. Tapi buat orang yang kaya' temen gw itu,, kata2 itu buat dijadiin saringan sebelum keluar kata2 'lo ga' tau ??' tersebut. Setiap orang punya saatnya. Jadi sebelum ngomong,, dipikirin dulu yak ??

1 comments:

Amaterasu said...

makannya banyak baca biar banyak tau mbak...
ehehe..
blog afatih ma dah langganan saiiya mbak disini juga komplit kolom-tutorial.blogspot.com dia guru q..
itu template dapet dari final sense ya ??
dan kata mas kolom-tutorial jangan banyak banyak ganti tamplate ntar malah susah di deteck mbah google...