Pengamen yang Tak Biasanya

16.8.08

UPDATE : INDONESIA dapat medali EMAS di OLIMPIADE BEIJING 2008


Jreng..
Dapatkah aku memeluknya
Menjadikan bintang di surga
Memberikan warna yang bisa menjadikannya indah



Tahu lirik lagu di atas ?? itu lagunya ST 12. Masih ga tau ?? itu lho yang dinyanyiin Aris (Indonesian Idol Winner) waktu dia audisi yg bikin Titi DJ nangis, waktu Spektakuler yang bikin Titi DJ kecewa, sampe dinyanyiin lagi di Grand Final yang bikin dia jadi pemenang. Kalau anda masih tidak tahu juga, ketauan ga nonton Indonesian Idol. haha. Lagu yang sebelumnya saya tidak pernah tahu tetapi jadi terkenal setelah dinyanyiin Aris yang menurut saya jauh lebih bagus dan keren daripada lagu versi penyanyi aslinya.
****
Selasa, 11 Agustus 2008 jam setengah tujuh hampir jam tujuh. Sepulang kantor mendapat keajaiban karena berhasil mendapatkan tempat duduk terakhir di bus. Finally,, saya bisa tidur dengan normal. Baru saja mencoba untuk tidur sepanjang perjalanan di tol, dari depan Plaza Semanggi naiklah seorang pengamen. Berpikir bahwa dia sama saja dengan pengamen kebanyakan yang modal gitar asal genjreng (nada tak sesuai dengan lagu) dan suara seadanya lebih menjurus cempreng, saya tak mempedulikan dan langsung memejamkan mata. Tetapi ketika dia memainkan intro dan mulai menyanyikan lagu 'mengenangmu' Kerispatih, saya langsung membuka mata dan memasang telinga baik2. Suaranya tak secempreng dan sedikit diatas standard walaupun masih dibawah Aris, tetapi mempunyai karakter suara yang khas. Permainan gitarnya pun menarik, mainnya bagus. Menurut telinga orang amatir seperti saya yang tidak bisa memainkan gitar.
1 lagu telah lewat dan dia mulai menyanyikan lagu kedua, lagu Kerispatih yang cinta putih. Berhubung saya tidak terlalu suka Kerispatih,, saya mendengarkan selewat saja. Masuk ke lagu ketiga dimana dia menyanyikan lagu D'masiv (katanya) yang saya tidak tahu judul lagunya apa -yang pasti belum ada video klipnya- saya kembali memperhatikannya. Lagunya memang enak dan permainan gitarnya walaupun saya baru pertama kali dengar lagu D'masiv tersebut, benar2 keren. Ini membuat saya penasaran akan menyanyikan lagu apa dia selanjutnya. Tidurpun terlupakan. Perjalanan macet-pun tidak membuat saya sadar. Tetapi lagu selanjutnya dia malah nyanyiin lagu Mulan Jameelah yang bikin saya eneg -saya tidak suka Mulan Jameelah !!- untungnya berlalu dengan cepat dan dia langsung menyanyikan lagu ST 12 yang dinyanyiin Aris yang membuat saya ikut bernyanyi dalam hati.
****
Kemenangan Aris di ajang Indonesia Idol tidak hanya kemenangan bagi dirinya atau keluarga juga teman2nya. Kemenangan dia berarti juga bagi para pengamen-pengamen lain -karena Aris juga seorang pengamen-. Kemenangan yang membawa mimpi bagi mereka bahwa mereka juga bisa menjadi seorang Aris. Menjadi 'someone' yang sebelumnya tak diperhatikan orang-orang. Tidak hanya melalui ajang2 pencari bakat di TV-tv, tetapi dihargai oleh banyak orang (baca : penumpang) dan mendapatkan uang bukan karena orang kasihan tetapi orang menghargai suara mereka yang mempunyai suara bagus-pun bisa membuat mereka senang. Seperti pengamen yang saya ceritakan. Dari 6 lagu yang dibawakan, orang2 tergerak untuk menyumbang. Hampir seluruh penumpang !! bahkan hingga yang berdiri. Dan sekarang, saya mulai memperhatikan setiap pengamen yang naik di bus. Tetapi sayangnya, saya belum bertemu lagi dengan pengamen yang bisa membuat saya terlupa dengan perjalanan macet yang membosankan.
--------
Jika kemenangan Aris berarti bagi para pengamen2 lain.. maka kemenangan Markis Kido dan Hendra Setiawan di final bulutangkis olimpiade Beijing 2008 bener2 berarti bagi saya dan juga jutaan masyarakat Indonesia yang berpikiran seperti saya. Menyaksikan pertandingan yang seru..menegangkan..dan sampai membuat saya merinding. Mereka memang hebat. Oiya..final bulutangkis ganda campuran antara Nova Widianto dan Liliyana Natsir hari ini lho.. mudah-mudahan mereka bisa menambah 1 medali emas lagi. SEMANGAT !!! :D

19 comments:

alia pewe said...

pertamaxx !
hihihiyyy

iya, gw jg seneng bgt dengan kemenangan aris !
pastinya kemenangan aris jg menjadi suatu semangat baru bwat para pengamen lainnya untuk berusaha lebih keras untuk berkarya
karena pengamen dan penyanyi2 profesional sebenernya ga ad bedanya
yang beda cm tempat manggung mereka aj, hwehehe

kadang kl gw lagi naek kendaraan umum, emg ad bbrp pengamen yg keknya ud profesional gtu, ga cuma sekedar genjreng, tapi suaranya emg bagus dan itu bikin org2 yg mendengarkan tergerak memberi uang bukan karena kasihan, tapi seperti ucapan terima kasih telah menghibur para penumpang sepanjang perjalanan

dan jujur aj gw lebi suka nglyat pengamen, drpd org2 yg bisanya cuma minta2 tanpa ad usaha..
at least dgn ngamen kan ud kliatan usaha mereka untuk mendapatkan uang

begitulah bbrp pendapat gw, maap yaa kl panjang, hehe

Republik Gaptek said...

Hmm, kok gue malah ngeliatnya Aris 'ngejual' sisi pengamennya.Nyatanya, penyanyi yang jauh lebih bagus, malah kalah karena Vote Smsnya

dondanang said...

Aris bakal berapa lama bertahan di dunia hiburan ini?

Kesalahan dalam idol2an adalah peserta menyanyikan lagu orang. Harusnya peserta idol itu bukan cuma bisanya nyanyi tapi juga harus bisa menciptakan lagu. Inilah yang membuat juara idol tak bisa survive. Heheh

diana bochiel said...

hoy...hehehe gmn magangnyah?
wah jeng biar post gw ttg hp ma inet di print dkasih bokap tetep aja gag mempan.sekali ndeso mah tetep aja ndeso.katanya si gag pasang inet drmh biar gw selse skripsi dolo..huff..

weh lebih keren lg pengamen di kereta buu..nek kereta deh dari ui ke tj.barat/UP pengamennya nyanyinya keren2..pake soundnya juga keren.gag cuman gitar...top dah.gag kek pengamen bocah di ps.rebo ga jelas..

Tha..^^ said...

aris emang keren..apalagi pas audisi pake gitar
uooohhhhh
kul banget lah


tapi ebih suka gisel :(

IaN`z said...

wah.. emang pengamen di daerah sekitar univ-yapari aba di bandung juga pada cempreng.. tapi di daerah setia budi pengamennya berkualitas.. ga cuma gitar aja,, ada yang pake drum mini,, biola,harmonika .dll

chacha said...

wweheheheee.... banyak kok pmgamennn yang suara nya bagussss.... nyeheheee...jadi hiburan gratis di kopaja/bis kota yeeee.. nyiehehehe
mksh udah di link...
iiakk...mari bareng-bareng kopdar!!!
janjian dimana???

Mike.... said...

ga tlalu suka aris..
apalagi es te 12..huuu...

markis/hendra emang t-o-p...
apa setelah mereka pensiun dr bulutangkis akan jd pengamen?
*gak nyambung*
he..he..

met siang presyl..

presy__L said...

semuanya :

saya bahas topik ini(aris) bukan karena ngebela aris palagi ST 12 lho..cuma beda aja kan klo misalnya gisel yg menang ?? pasti ga bakal saya bahas disini..

AYO DUKUNG GANDA CAMPURAN BULUTANGKIS INDONESIA !!!

ridu said...

menurut gw aris menang ya gara-gara ada rasa empati kepada dia sebagai pengamen deh.. jadinya ya gitu terpilih..

presy__L said...

yes !! tempat komentar baru..
duh kenapa ga dari kemaren aja si..

Paams said...

waaaaaah gw juga pernah ketemu jenis pengamen yang suaranya keren waktu di karwis... kalo pengamen gak boleh dipandang sebelah mata!

ucii AUTISH said...

gue lebih suka aji :(
hemmmh, lebih suka eskrim vanilla tapi ! hehehe :D

untung aris ga nyanyiin lagu PUSPA ! mwahahahaha :))

Milla Widia N said...

selamat buat peraih medali emas... bangga rasanya bisa mengalahkan tuan rumah, waktu thomas - uber aja setengah mati...

budiernanto said...

itu si Ridu sinis amat komentarnya.. haha, tapi aris suaranya bagus, tapi masih kalah lah sama gw, ahahahaha..

muni said...

yey! indonesia dapet emas! what a great gift for this country!

Benazio R.P said...

wehehe aris .. jagoan gue dari awal, tapi pindah ke aji . sekarang gue tetep dukung aji ah haha ..

wehh lumayan si dapet emas tapi .. yaaa .. tapi .. ngerti kan ahahahaa

seezqo said...

Akhirnya Markis dan Hendra bisa nerusin tradisi emas olimpiade Bulutangkis. Mau di apaiin tuh duit 1 milyar :)

Aris emang dahsyat, walau gue cintanya sama Gisel :)

diana bochiel said...

gw dah baca darin kapan tau baca postingan lo..
tapi baru coemnt sekarang...
nah sekarang gw lupa mo komen apa..hehehee
hmmm iya tuh lagunya st12 jadi enak dinyanyiin aris...apalagi klo dinyanyiin bokep gw..pasti rusak..hehehe