Hidup itu..

2.8.08

------sebelumnya.. I wanna say THANK you soooooo MUCH for all of you guys.. yang telah bersedia memberikan komentar di postingan sebelumnya.. Jujur.. komentar2 yang kalian berikan kemarin benar2 membuat saya tambah merasa penting lagi -dan kalian semakin merasa penting juga kan ??- dan makin bersemangat buat menulis hal2 yang berarti buat kalian semua.. sekali lagi terima kasih yawh...------

Ehm..ehm.. ingat dengan jargon 'Hidup adalah Perbuatan' yang sekarang2 sering muncul di TV buat mengkampanyekan diri sendiri menjadi presiden ?? di TV dia boleh merasa berhasil, tetapi di dunia internet, menurut pengamatan Kompas, jargon tersebut dianggap SPAM.. SAMPAH.. oleh para pengguna dunia maya. Kalau saya si menganggap jargon tersebut terlalu tanggung. Perbuatan itu kan bisa macam-macam, di TV boleh ia memvisualisasikan dengan contoh perbuatan yang baik2, tetapi di 'belakang' perbuatan korupsi tak bisa ter-detect kan ??

Baru kemarin malam saya berpikir lagi bahwa Hidup adalah Perjuangan. Perjuangan untuk bertahan hidup. Karena baru kemarin malam saya merasakan titik jenuh lelah yang luar biasa baik secara fisik maupun mental. Kedua kaki ini mulai sulit untuk diajak kompromi, diajak sujud waktu sholat saja susahnya minta ampun. Merasakan kaki ini seperti mau putus saja. Dan belum lagi suasana di kantor yang berubah karena mereka harus 'closing' laporan keuangan akhir bulan, sehingga sedikit tidak nyaman. Jadi terbawa imbas dari kelelahan mereka juga. Dan bertemu dengan 1 orang yang benar2 menebar aura ketidaknyamanan ketika di dekatnya (baru 2 hari yang lalu melihat dan langsung makan siang bareng). Ditambah lagi waktu pulang harus berdiri selama kurang lebih 50 menit di bus dengan kondisi yang berdesak-desakan dan kaki yang seperti itu.

Tetapi ketika melihat sekeliling, bukan hanya saya saja yang berdiri disana. Masih banyak orang lain yang mungkin lebih pegel daripada saya tetapi terpaksa untuk berdiri. Melihat ada orang2 yang dari wajahnya terlihat cape tapi sedikit senang karena kemarin akhir bulan -tahu maksudnya kan?? akhh tapi saya belum mendapatkannya-. Kalau Tyo, Don danang, Emon atau Antown dll yang notabenenya lebih tua secara umur, lebih lama merasakan kerja buat bertahan, lebih banyak merasakan pengalaman yang lebih pahit -agak lebay- daripada saya dan baca tulisan ini, mereka mungkin akan berpikir 'ah.. baru segitu doang si masi belum ada apa2nya'. Saya menyadari hal itu. Apalagi saat berkeluh kepada orang tua yang mereka katakan 'Gimana mau kerja di KAP (Kantor Akuntan Publik) ??' yang saya yakin lebih melelahkan daripada magang di kantor sekarang.

Ucapan seperti itu yang membuat saya untuk bertahan. Saya yang baru hidup di dunia 19 tahun kurang 4 hari ini masih belum mengalami banyak hal yang mungkin saja akan membuat saya terpuruk atau jatuh lebih keras lagi. Oleh karenanya saya harus jadi orang yang lebih kuat. Kuat mengahadapi kerasnya hidup di dunia. Kalimat yang selalu saya sebutkan bila ditanyakan cita-cita. Tetapi di saat keluhan ingin terucap juga, ada kalimat yang saya gunakan buat dijadikan pembelaan.

Sekali-kali patah semangat juga tidak apa-apa kan ?
Tidak apa-apa juga kalau sekali-kali mengeluarkan keluhan
Dan tidak apa-apa juga sekali-kali berbuat salah
Kita kan manusia

-Kyo.. Fruit Basket-

Intinya si.. kita benar-benar harus berjuang untuk bertahan hidup. Jika hanya bermalas-malasan, dunia yang akan menghabisi kita. Oiya,, ada 1 kalimat lagi yang saya ucapkan saat membalas celetukan teman saya yang mengomentari pernyataan 'saya orang yang kompetitif'

Dia : Buat apa jadi kompetitif, bisa membuat orang menjadi egois.
Saya : Kompetitif bukan membuat orang menjadi egois, tetapi membuat orang tahu bagaimana rasanya berjuang.

20 comments:

dhimaskeren said...

ehem..tes..tes...
minyak tanaaaaaax...

dear presy..
pertama2 emon mau ucapin makasih udah nyempilin nama emon di post ini, tapi perlu diketahui nak..emon ga setua itu kok..T.T

presy..presy...
emon jadi inget kata2 papa pas emon masih kecil dulu...

"suatu saat nanti kamu bakal tau susahnya cari uang"

bener lho..ampe ngesot2 nih emon..nglembur sminggu penuh..demi anak istri *anak istri yg mana ya*

Don Danang said...

Ehem2 nama gue ada di situ. page rank bakal naik nih heheh. Eh paragraf pertama agak lebay yah. :D

Apa yang terjadi sama kamu itu hal yang biasa. Saya kerja juga pernah merasakan hal seperti itu. Gue juga pernah mengeluh sama org tua. Dan apa yang gue alami gak ada apa2nya.

Nih ada kutipan menarik dari dari film batman begins

Alfred: kenapa kita jatuh tuan wayne?

bruce: kenapa alfred?

Alfred: karena kita diajak untuk merangkak naik lagi

kira2 seperti itu

hehe. Semangat

presy__L said...

emon : dear emon.. bukannya mau lebay.tapi perbedaan umur kita mang jauh mon..

don..karena gw bego ya percakapannya ditranslate ?? haha bener kata lo..

Republik Gaptek said...

Presyl..Oh sekali lagi gue dibilang tua..okey gue Tua..

Gue inget kata temen gue yg bilang gini : "sekarang ujian buat loe emang terasa berat, tapi liat nanti ke depan, loe akan sadar bahwa ujian itu sebenarnya gak ada apa2nya.alias cetek banget".

INTINYA: Setiap bertambahnya usia, pasti bertambahnya masalah. so, jika kita sukses, kita akan lanjut ke tahap beriktnya. Karena masaalah gak ada habisnya.

IaN`z said...

waw the second ..

keduakalinya nulis posting yang isinya dalem dalem,,,
pernah gitu ngerasain kaki patah ?? lebay ah pres

ehehe,, wah berarti 4 hari lagi ultah ya presl??
sayang gw gag bisa ngasi kado*tertunduk*

ga nyangkaaaa suka baca kyoo,,*lebay*, dah sampe vol berapa ??

happy working aja lah semoga hari hari kerjana bisa menyenangkan

diana bochiel said...

hahahaha ketawa dulu ah baca comeng dari mas emon om danang sama om tyo..hahaha pake segala ngeles dbilang tau.emang iyak.haha...

oy bu..knp lg si lo..efek kelamaan berdiri di bis bikin lo ngdrop nih..smangat.kapan si selse magangnya?

gw udah selesaaaaai dong...
hehehehe senangnya ga bangun pagi lagi...

Mike.... said...

ada yg mw ultah 4 hari lagi ya..he..he..
semua orang juga akan merasakan perjuangan itu,pres...dan patah semangat itu ga ada yg ga mengalami..yang penting itu kita bersyukur aja ma Tuhan apapun yg terjadi,kn artinya dr situ kita merasa dibentuk bukan...

Shintung said...

wow..

kalimat-kalimat yang bijak..hehe.

Patung Pancoran said...

waaawww!!

ada quote dari anime fruit basket!!


sebentar2, itu kalimatnya diucapin waktu mereka lagi berduaan di atap rumah, bukan??



maju terus, mbak presyl!!
what doesn't kill u will makes u sronger!! (ato stranger, kalo kata bang joker :p)

sal~ said...

yup. yang penting itu perjuangannya.
bagaimana mau menikmati hasil jika tidak berjuang? x)

dee said...

non presy_l, nama saya kok ga disebut.. saya kan juga lbh tua hahaha..

setiap orang kan punya fase hidup sendiri2. sepertinya jenuh sm rutinitas pernah dialami setiap org. mungkin bosen sm krjaan atw ngerasa love life gitu2 aja. kalo saya, cara mengatasi kejenuhan, selain berdoa, ya cari kegiatan lain yang fun.

Paams said...

kompetitif apa ituh?
duh kakinya kenapa mbak?
menurut gw hidup memang perjuangan, capek memang, tapi sekali2 kita juga harus nikmatin sedikit dari hasil perjuangan itu. hey, hidup bukan cuma buat capek2an doang kan?
saran gw weekend abis gajian, pijet aja mbaaa...

AHEAD said...

gw pernah mengalami cobaan yang membuat gw harus ambil keputusan yang sangat pahit...
gw pikir, life wasn't for me at all, tapi ternyata jalan gw di depan masih sangat amat panjang dan lebar dan hal menyenangkan selalu datang...

gw jadi tau, dibalik kesusahan, Tuhan selalu menunjukkan Dia sayang sama kita lewat kesusahan itu.

Gratification for Tyo.

semangat presyl!!!

(kayaknya ini sudah terlalu jauh dan ga nyambung...wkwkwkwk!!!)

presy__L said...

tyo : bagus kalau kamu jujur. kata2 lo juga bagus
ian : fruit basket gw lupa mpe vol berapa.
bochiel : selese akhir bulan ini bu
mike : iyah..bersyukur
shintung : yup yup..
patung pancoran : gw lupa adegannya dimana
sal : betul sekali !!
dee : wah..saya belum tau anda lebih tua
paams :gw belum gajian paams
ahead : akh..bagus sekali kata2 anda

indo said...

Hidup itu indah....ga' nyambung :)

Meca said...

setuju ... atu lg... kompetitif itu membuat kita menghasilkan sesuatu yg terbaik...

skalian change link ya...thx

budiernanto said...

well, dalam dunia Hubungan Internasional dikenal kalimat: tidak ada kawan yang abadi yang ada hanya kepentingan abadi.

Kampanye SAMPAH itu bener2 bikin gregetan, berapa banyak uang yang dia keluarkan ya? mendingan buat apa gitu buat rakyat banyak.

heran?! sekarang makin banyak aja yang mau jadi presiden, ga ada yang mau jadi guru, polisi, bahkan dokter, terlebih petani atau nelayan.

achie said...

Wow.. So deep so hard.. Halah, appa c chie..

Yayaya..
Hidup penuh pjuangan..
Dunia luar itu kejam syl, hehe, lebay..

Semangaddd lah kau nak! :p

alia pewe said...

ayo presyl tetep semangat yaa !
kita bersama2 berjuang demi masa depan gemilang xD
gw taw lo pasti bisa syl !
inget kata mutiara ini :
" semakin tinggi sebatang pohon, semakin kencang angin yang menerpanya "
berarti, semakin lo mendapat tantangan besar, semakin berkembang juga diri lo !
dan yakinlah
" Allah ga akan ngasi lo cobaan yang ga bisa lo tanggung "

chayoo presyl.. ! :D

presy__L said...

indo : yah..
meca : sip.
budi : betul sekali..
achi : iyah semangat !!
alia : bagus aja bahasa lo..